8 Keberkahan KPR Syariah

No comment 354 views

Oleh : Gilang Arif Freeanto

 

Apa Itu Property Syariah ?

Properti syariah merupakan properti yang memiliki konsep dan lingkungan yang islami. Transaksi yang dilakukan sesuai dengan aturan islam (syariah). Selain itu sistem kredit rumah syariah tanpa pengajuannya KPR ke Bank Konvensional / Bank Syariah. Otomatis tidak ada BI Checking, hanya ada 2 pihak (Developer dan Pembeli) yang bertransaksi, cicilan rumah flat sampai lunas walaupun suku bunga bank naik terus. Tidak menjaminkan barang yang sedang diperjualbelikan, tidak ada denda jika terlambat membayar, tidak ada penalti jika lebih cepat melakukan pelunasan, rumah tidak akan disita walaupun tidak sanggup untuk melanjutkan angsuran, tidak memakai asuransi yang disyaratkan. Asuransi sepenuhnya atas kerelaan developer dalam menyikapi musibah atau bencana yang melanda rumah milik pembeli.

 

#TanpaRiba

Segala kelebihan nilai yang diberikan dalam berbagai transaksi pembelian ataupun pinjam-meminjam adalah sebuah kebathilan yang bertentangan dengan ajaran Islam

 

#TanpaBank

Developer tidak melibatkan pihak perbankan (pihak ketiga) dalam akad transaksinya. Sehingga transaki terjadi hanya antara 2 pihak, yaitu pembeli dan developer.

 

#TanpaDenda

Denda adalah Riba. Kami tidak ingin menerapkan denda, tetapi ada opsi lain yang lebih positif, adil yang tidak bertentangan dengan syariat Islam

 

#TanpaSita

Hak-hak kepemilikan Rumah 100% milik pembeli. Kewajiban penghuni adalah melunasi cicilan pembayaran nya saja. Jika ada kendala, maka akan dimusyawarahkan bersama.

 

#TanpaBIChecking

Developer tidak melibatkan pihak perbankan, baik Pendanaan nya maupun BI Checking nya. Sehingga pengajuan Kredit lebih simple dan mudah.

 

#TanpaAkadBathil

Selamat dari Akad Bathil. Saat pembeli menyetorkan dana berupa DP, berarti pembeli sudah memiliki hak terhadap rumah, karena akad nya Jual-Beli, bukan Sewa-Beli.

 

#TanpaAsuransi

Secara Syariat banyak asuransi dikategorikan haram, dimana kebanyakan dari asuransi banyak unsur-unsur seperti : Judi, Riba, Ghoror (tidak Jelas).

Unsur Judi : Yang baru masuk bila ada masalah dapet claim

langsung walau baru 1 kali bayar premi. Dan yang di Claim lebih besar dari preminya berarti Riba. Termasuk Ghoror (tidak jelas kapan), kita tidak tau pasti kapan kita terkena musibah dan kita dapet uang claim nya, sedangkan preminya harus terus dibayar.

 

#TanpaBiayaProvisi

Karena tidak menggunakan bank maka biaya provisi dan biaya administrasi lain lain yang memberatkan calon pembeli tidak ada. Kecuali biaya-biaya yang kaitannya dengan regulasi di Negara kita seperti biaya Notaris, AJB, dan sejenisnya.

 

 

* Dikutip dari berbagai sumber

* Sumber gambar dari google

author